Andai Punya Asus Eee

By admin

Mimpi saya kalo punya asus eee adalah ingin menerjemahkan Wikipedia.org menjadi bahasa Indonesia. Kenapa ingin menerjemahkan? Alasannya, sekarang Wikipedia versi Indonesia menurut kakak saya besarnya nggak sampai 100mb. Saya kaget sekali karena dulu beberapa bulan yang lalu saya mencoba mendownload Wikipedia versi Inggris dan ternyata bergiga-giga (tepatnya saya lupa, tapi sekitar 3 gb). Dan sekarang Wikipedia sudah lebih dari 4gb.

Kalo Indonesia punya suatu ensiklopedia (walaupun hanya terjemahan), saya percaya, banyak yang akan menggunakannya. Karena itu saya berniat untuk menerjemahkannya sedikit demi sedikit. Kenapa harus dengan Asus Eee? Asus Eee memang layarnya kecil (hanya 7”) tapi bisa diimbangi dengan berat yang tidak sampai 1kg. Karena ringan, saya jadi bisa membawanya kemana saja dan bisa menerjemahkan dimana saja dan kapan saja! Mungkin Anda berpendapat, kan ada laptop, lebih powerfull, kapasitas HDD yang lebih besar, layar besar jadi enak buat edit. Tapi dengan berat yang diatas 2 kg sulit untuk membawa kemana saja.

Kebetulan saya sekarang tinggal di Bandung. Di Bandung, banyak sekali hotspot gratis di mall-mall. Dengan wifi yang terdapat pada Asus Eee, saya jadi bisa  mengambil dan menyimpan artikel dari Wikipedia dengan mudah. Di Internet memang disebutkan bahwa kapasitas yang tersisa paling hanya 1,2gb. Tapi untuk file dokumen, itu sudah banyak sekali. Toh, bila kurang, sekarang flash disk 1gb sudah sangat terjangkau. Apalagi Eee juga bisa digunakan untuk mendengarkan musik. Saya jadi bisa mengedit dokumen sambil mendengarkan musik. Sangat tidak membosankan!

Mungkin saya tidak akan bisa menerjemahkan semua artikel yang ada di Wikipedia, tetapi mungkin saya bisa menginspirasi orang lain agar bisa melakukan hal yang sama. Tapi saya harus belajar lagi untuk mengedit wiki. Sekarang juga saya percaya, bahwa banyak mahasiswa yang mengerjakan tugasnya dengan menerjemahkan dari Wikipedia. Kenapa nggak sekalian saja terjemahkan semua dan dimasukan ke dalam Wikipedia versi Indonesia? Yah, sekedar renungan juga 🙂

categoriaUncategorized commento6 Comments dataJanuary 14th, 2008
Leggi tutto

Sms X-tra Akan Berakhir

By admin

Tadi, kakak gw ngasih tau ada sms dari 818 yang isinya:“pelanggan yth, mulai 15 jan 08, penjualan pulsa bebsa xtradihentikan. pelanggan bebas xtra dapat menikmati gratis sms sesama xls.d isi ulang berikutnya. info: www.xl.co.id

categoriaUncategorized commentoNo Comments dataDecember 16th, 2007
Leggi tutto

I Am Legend

By admin

Kemaren setelah sedikit keliling Bandung mencari Kopi Aroma, gw mampir di Braga City Walk. Udah lama juga nggak ke sini. Sekarang udah rame, parkirnya juga nggak gratis lagi (waduh, padahal kayanya udah lama banget nggak gratisnya, hehehe). Setelah bingung karena adanya Carrefour, akhirnya bisa ke lantai 2 juga. Di lantai 2 ini ada bioskop 21, yang harga tiketnya murah plus sepi, dan ada food court.Melihat kondisi dompet, ya milih yang pertama aja, ke bioskop. Ada 3 pilihan film, 2 indonesia dan 1 hollywood. Ya udah, milih yang hollywood aja. Walapun nunggu dulu. Sebenernya bisa aja sambil ngenet karena ada Melsa Hotspot, tapi males bawa-bawa laptop jadi ngenet pake HP aja.Sekarang ke film yang gw tonton. Cerita diawalin dengan keberhasilan seorang dokter untuk mengubah virus agar bisa menyembuhkan berbagai penyakit termasuk kanker. Sayangnya keberhasilan ini tidak bertahan lama karena virus  menjadi tidak terkendali, yang menyebabkan orang menjadi kanibal. Parahnya virus ini dapat menyebar melalui udara. Kira-kira hanya 2% penduduk bumi yang bisa kebal. Tetapi dari 2% itu banyak yang terbunuh oleh mereka yang terinfeksi.Diantara 2% manusia yang kebal terhadap, ada seorang ahli virus yang bernama Robert Neville (Diperankan oleh Will Smith). Ia tinggal di New York, tempat yang dipercaya sebagai ground zerro. Ia tinggal bersama anjingnya. Dirumahnya ia memiliki lab pribadi (yang semua komputernya adalah mac) untuk meneliti virus dan mencoba mencari penangkalnya.Film berdurasi 100 menit ini kalo ditonton sambil mikir bakal banyak banget keanehnya. Tapi, seperti film-film kebanyakan, kalo nggak pake mikir dan nikmati aja ya bolehlah buat hiburan. Ada adegan yang lucu ketika Will Smith menirukan dialog Donkey dan Shrek. Selain itu film ini rada serius. Kesimpulannya, kalo di bioskop hanya ada film Indonesia dan film “I Am Legend” serta bosen dengan film cinta dan horor Indonesia. Jangan pulang, tonton aja film ini. 🙂

categoriaUncategorized commento4 Comments dataDecember 13th, 2007
Leggi tutto

Gagal Presentasi

By admin

Huaaaahhhh…….Bener-bener sempurna. Kejadian-kejadian selama satu hari ini. Dari jam 12 malem, udah susah tidur. Feeling mengatakan kalo gini bakal kesiangan. Dengan sigap menyiapkan tiga alarm yang semuanya mirip, 4.45, 5.00 dan 5.15. Dan hasilnya….. Jam 7 kurang baru bangun. Padahal presentasi dimulai jam 7. Mandi, berangkat. Jalan kota Bandung juga sangat ‘bersahabat’. Nggak ada yang maen potong jalan, hening tanpa suara klakson, dan timing lampu merah yang sangat tepat. Yang akhirnya gw sampe di kampus jam 8.12. Kuliah udah bubar, lapor ke dosen dicuekin. Ya udah, tinggal tunggu nasib baik dari dosen pembimbing.  Arrrrrgggghhhhhhh……..

categoriaUncategorized commento2 Comments dataDecember 13th, 2007
Leggi tutto

Lazy

By admin

Beberapa hari ini jadi malas ngapa-ngapain. Kerjaannya cuma tidur, makan, ngenet, dan kembali lagi ke siklus awal. Sempet ngerjain tugas Otomasi Plant, pas udah ketemu bagian susahnya jadi malas lagi nyelesainya. Masih ada Tugas Khusus yang juga malas dikerjain. Belajar buat ujian? ah, ini lebih parah lagi. Serasa masih ada ribuan hari aja.

Oh iya, entah mengapa akhir-akhir ini jadi suka lagunya Naruto yang Alive (judul mp3-nya sih gitu). Padahal dengan pengetahuan tentang bahasa Jepang gw yang sangat minim, gw nggak tau artinya sama sekali.


categoriaUncategorized commentoNo Comments dataDecember 11th, 2007
Leggi tutto

:(

By admin

Baru sekarang bisa nulis blog lagi. Padahal banyak kejadian yang harusnya bisa ditulis. Misalnya tentang hari Minggu kemarin (9/12). Gw kehilangan seseorang dalam hidup gw. Nenek gw meninggal. Jam 6 pagi, tumben kakak gw nelpon. Pas gw angkat ternyata suara nyokap gw. Ngabarin kalo nenek telah meninggal. Gw yang tadinya rada-rada ngantuk langsung sadar. Diam.

Abis itu gw ngabarin yang lain (kakak gw yang di Thailand dan pacar gw). Tapi gw masih aja nggak abis pikir. Baru deh, kenangan-kenangan bermunculan. Kakak gw juga nulis diblognya tentang kenangan-kenangan yang pernah ia jalanin.

Tapi, yang rada disesalkan adalah gw ketemu nenek gw pas lebaran kemaren. Tapi pas lebaran itu rada sibuk karena ada wayangan. Jadi nggak sempet jalan-jalan. Nah, tahun baru ini sebetulnya pengen jalan-jalan sama beliau. Tapi…

Sekarang yang ada tinggal kenangan.


categoriaUncategorized commento2 Comments dataDecember 11th, 2007
Leggi tutto

Disturbia

By admin

Hore… mulai ngeblog lagi setelah kebiasaan nggak ngeblog muncul lagi.

Hmm, hari ini cerita apa ya.. Gimana kalo cerita tentang judul yang udah di tulis aja, hehehe… Tadi siang abis kuliah Instrumentasi dan Sistem Pengukuran Industri niatnya mau perwalian buat PRS (Perubahan Rencana Studi). Sayang seribu sayang, sang dosen wali lagi sibuk, jadi disuruh nunggu jam 2. Karena masih jam 11 ya jadinya nonton aja dulu di BIP (Bandung Indah Plaza).

Setelah melalui antrian yang panjang, akhirnya dapet tiket juga jam 12.30. Huaa.. gara-gara tiket di nonton di bioskop 21 BIP udah cukup murah (senin-jumat Rp 10.000,00 dan sabtu-minggu-hari libur Rp 20.000,00) yah makanya jadi rame banget.. Nasib2.. Tapi gak apa2, yang penting masih dapet tiket. Abis dapet tiket, nyemil dulu di CFC (beneran, nyemil doang kok.. hehe). Terus, tepat jam 12.30 berangkat ke teather 4. Seperti biasa, jam di HP sama BIP nggak sinkron. Jadi, terlambat deh, dan udah ada yang duduk di tempat yang mustinya jadi tempat gw. Emang dasar orang Indonesia, nggak tau aturan banget deh.

Sekarang sedikit cerita tentang filmnya. Kale (Shia Labeouf, yang juga maen Transformers), yang sejak kehilangan ayahnya jadi bandel. Klimaksnya, pas dia punya masalah dengan gurunya yang mengakibatkan dia dihukum tahanan rumah. Di rumah, Kale cuma bisa melihat (lebih tepatnya mengintip) ke tetangganya. Apalagi ada tetangga baru yang cantik+seksi (oleh Sarah Roemer, biasalah rada standars). Sampai pada suatu ketika salah seorang tetangga yang dia amati ia curigain sebagai pembunuh berantai. Akting dari Shia ini sebetulnya yang cukup menarik, terus ya kita diajak buat menebak-nebak apa yang bakal terjadi. Lumayan bagus buat ditonton di bioskop, tapi kalo mau nonton di rumah juga OK.

categoriaUncategorized commentoNo Comments dataSeptember 12th, 2007
Leggi tutto

Ngeblog lagi..

By admin

Huaa….

Dah lama banget ternyata nggak ngeblog. Niatnya mau ngeblog minimal seminggu sekali pake bahasa inggris tapi sampe sekarang belum kesampean euy. Moga-moga dalam waktu dekat rencana semula bisa berjalan dengan baik.

Hmm, apa ya yang bisa diceritain selama 2 minggu kuliah ini. Jadwal? Pastinya sangat nggak friendly, masuk jam 7-9 pagi, kuliah lagi jam 3-5 sore. Mau pulang, pasti nggak balik lagi ke kampus. Tugas? Pastinya udah berjibun. Ada tugas khusus-lah, ada juga 2 mata kuliah yang mengharuskan bikin resume kuliah seminggu sebelumnya. Ada juga mata kuliah yang dosennya udah berkomitmen buat ngajar cuma 3-4 kali. Sisanya presentasi masing-masing mahasiswa. Yang ini tugasnya sempet didiskusikan dulu sama kakak buat nentuin topik yang bakal diambil 🙂

Oiya, beberapa hari yang lalu, jalan menuju ITB tepatnya di depan Balubur ada pohon tumbang yang menimpa sebuah mobil Phanter. Ada seorang yang meninggal dalam kejadian itu. Padahal hampir tiap hari lewat jalan itu. Hiiii…. Jadi serem juga…

categoriaUncategorized commentoNo Comments dataAugust 31st, 2007
Leggi tutto